DaerahJawa Barat

Visi Besar Acep – Gina, Mau Sulap Citarum Jadi Jalur Transportasi Air

KARAWANG, JabarNet.com- Pasangan Acep Jamhuri- Gina Fadlia Swara Calon Bupati dan Wakil Bupati Karawang memiliki Visi-Misi besar untuk ‘menyulap’ Sungai Citarum menjadi alat transportasi air.

Sekretaris Tim Pemenangan Acep – Gina, yaitu Nana Kustara menyampaikan, menilik sejarah Sungai Citarum yang menjadi jalur transportasi utama pada zamannya saat itu, maka berbagai persoalan yang muncul di sekitaran Sungai Citarum hari ini hanya bisa diselesaikan dengan mengembalikan fungsi Citarum seperti dalam sejarah awalnya.

Harus diakui, Sungai Citarum hari ini bukanlah Sungai Citarum seperti dulu. Berbagai persoalan seperti pencemaran oleh limbah industri hingga Banjir di Karangligar tentu akan menjadi salah satu agenda dan visi besar bagi Acep – Gina.

“Jika Citarum menjadi jalur transportasi, kita yakin persoalan pencemaran dan banjir di sekitar Citarum bisa teratasi, khususnya banjir Karangligar. Karena ketika Citarum menjadi jalur transportasi, maka semua pihak akan bertanggungjawab untuk ikut menjaga dan merawat kebersihan Citarum,” ucap Nana.

“Belum lagi nanti akan muncul potensi-potensi ekonomi kerakyatan yang baru di sepanjang Sungai Citarum dari Karawang Barat hingga Pakisjaya. Artinya, Citarum bukan hanya akan kembali menjadi jalur transportasi. Tapi juga bisa menjadi tempat wisata yang bisa dijadikan ekonomi kerakyatan,” tutur Nana Kustara.

Visi besar ini, tentu tidak bisa dilakukan oleh Karawang sendiri dengan hanya mengandalkan APBD. Melainkan harus ada campur tangan Pemprov dan pemerintah pusat.

Dijelaskan Nana, visi besar ini mungkin tidak akan 100% bisa terwujud dalam jangka pendek (5-10 tahun ke depan). Tetapi pertanyaannya kapan akan dimulai.

“Visi besar ini akan kita mulai, jika Acep – Gina ditakdirkan menjadi Bupati dan Wakil Bupati Karwang 2024 – 2029,” katanya.

Ditegaskan Nana, visi besar Acep – Gina ini bukan mimpi, karena semuanya akan terwujud jika kita berani memulainya dan ada variabel pendukung dari pemprov dan pemerintah pusat.

Semisal saja Ibu Kota Negara (IKN) di Kalimantan Timur dan proyek strategis nasional kereta cepat. Jika semua mendapat dukungan penuh dari pemerintah pusat, maka visi besar mengembalikan Sungai Citarum sebagai jalur transportasi akan terwujud.

“Mungkin nanti visi besar ini tidak akan selesai di kepemimpinan Acep – Gina, tapi kan bisa dilanjutkan kepemimpinan selanjutnya. Yang terpenting kapan visi ini akan dimulai, mengembalikan fungsi Citarum seperti di awal sejarahnya,”

“Insha Allah, visi besar ini akan dimulai di masa pemerintahan Acep – Gina nanti,” tutup Nana Kustara.

Shares:

Related Posts