DaerahJawa Barat

RSUD Karawang Teken MOU Dengan RSJPD Harapan Kita, Bupati Cellica : Insya Allah Siap Jadi Jejaring Rujukan Kanker dan Stroke

KARAWANG, JabarNet.com- Rangkaian Hari Jadi Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kabupaten Karawang ke-70 tahun diawali dengan penandatanganan MOU antara Pemerintah Kabupaten Karawang, RSUD, Pemprov Jabar dan Kementerian Kesehatan, yang dilaksanakan Selasa (7/6/2022) pagi tadi di Aula Lantai 3 Gedung Singaperbangsa Karawang.

Bupati Karawang, dr. Hj. Cellica Nurrachadiana mengatakan MoU tersebut diteken dalam rangka meningkatkan derajat kesehatan masyarakat dan dalam rangka mendukung upaya kebijakan Kementerian Kesehatan dalam pembentukan jejaring rujukan pada center- center pelayanan prioritas.

“Sebagaimana diketahui, RSUD Kabupaten Karawang telah ditetapkan oleh Kementerian Kesehatan sebagai Rumah Sakit jejaring rujukan Kardiovaskuler sesuai dengan Kepmenkes Nomor : HK.01.07/MENKES/7182/2020, dan insyaAllah akan siap untuk menjadi jejaring rujukan kanker dan Stroke,” ungkap Bupati.

Ia melanjutkan, seiring dengan transformasi RSUD Kabupaten Karawang menuju center of excellent Jawa Barat pada pelayanan unggulan yaitu Jantung, Kanker, Stroke, uronepro dan Estetic Center, dan menuju Rumah Sakit Rujukan Provinsi Jawa Barat, pihaknya membutuhkan pengampuan dari Rumah Sakit2 Vertikal dalam bidang pelayanan, SDM dan Penelitian.

“Semoga dengan penandatanganan MOU dan komitmen pemda terhadap Kesehatan ini menjadi titik awal menuju peningkatan pelayanan khususnya untuk masyarakat Karawang, Jawa Barat dan juga untuk Indonesia,” ucapnya.

Dirut RSUD Karawang, dr. Fitra Hergyana menyatakan dalam rangka merayakan hari jadinya ke-70 tahun, pihaknya telah melaksanakan sejumlah transformasi diantaranya tranaformasi pelayanan kesehatan rujukan, transformasi peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) serta transformasi pelayanan service excellent.

“Salah satunya pihak RSUD berkolaborasi dengan Pemkab Karawang, Pemprov Jabar dan Kementerian Kesehatan sebagai langkah RSUD menjadi RS rujukan. Hari ini dilakukan penandatangan MOU dengan dihadiri oleh tiga direktur utama rumah sakit rujukan nasional yakni Rumah Sakit Pengampu yakni RSJPD Harkit, RS Kanker Dharmais, RS Pusat Otak Nasional,” paparnya.

Kedua, lanjut dia, transformasi peningkatan SDM salah satunya adalah peningkatan kompetensi dokter dan dokter spesialis yang mendapatkan beasiswa dari Kementerian Kesehatan.

“Kita juga tengah bertansformasi mulai dari perawat yang pendidikan terakhirnya diploma-3 (D3) akan dinaikan menjadi S1. Mudah mudahan sinergi ini bisa terus meningkatkan pelayanan serta fasilitas di RSUD Karawang,” tutupnya.(red)

Shares:

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *