DaerahJawa Barat

Posyandu Serentak di Karawang Digelar Upaya Pemkab Cegah Stunting, Disambut Antusias Warga Bengle

KARAWANG, JabarNet.com- Upaya cegah stunting, Pemkab Karawang menggelar Posyandu serentak ditiap desa dan Kecamatan Se-Kabupaten Karawang.

Terpantau salahsatunya di Posyandu kencana 5 yang tengah berlangsungnya posyandu di Desa Bengle, Kecamatan Majalaya Kabupaten Karawang., disambut antusias warga.

Pasalnya dengan adanya posyandu sangat membantu warga khususnya ibu-ibu untuk mengetahui perkembangan tumbuh kembang buah hatinya, dan pemeriksaan kehamilan serta pranikah.

” Alhamdulillah dengan ada Posyandu ini bisa memudahkan warga untuk periksa perkembangan anak-anaknya, mudah-mudahan Posyandu tetap dilaksanakan disini,” singkat Farida salahsatu Ibu rumahtangga usai memeriksa balitanya, Kamis (13/6/2024).

Kegiatan yang digelar turut dimonitoring Camat Majalaya, Camat, Kepala Puskesmas, Kordinator, Satpel KB, KUA, dan unsur TNI-POLRI.

Dalam kesempatan Chandra R Wijaya Camat Majalaya menyampaikan, pihaknya tengah melakukan monitoring pengukuran dan penimbangan balita dalam upaya pencegahan stunting.

” Ini berdasarkan Surat Edaran Bupati bahwa untuk mencegah terjadinya peningkatan stunting dilakukan pengukuran dan penimbangan balita secara serentak dimulai bulan ini setiap tanggal 13,” ungkap Chandra.

Lebih lanjut Chandra, selain penimbangan dan pengukuran balita upaya cegah stunting di Posyandu, akan dilakukan intervensi.

” Artinya lakukan visitasi atau kunjungan bagi balita yang tidak berkunjung ke Posyandu itu akan kita datangi untuk dilakukan penimbangan dan pengukuran termasuk pemberian pmp dari desa,” jelasnya.

Chandra berharap seluruh balita, ibu hamil dan juga calon pengantin untuk mendeteksi secara dini bersama-sama mencegah terjadinya peningkatan stunting.

Sementara itu Ketua Posyandu Kencana 5 Karni menyampaikan, sebanyak 143 balita dan Ibu hamil telah dilakukan pemeriksaan.

” Alhamdulillah tidak ditemukan adanya stunting, kalaupun ditemukan biasanya yang tidak pernah pemeriksaan disini,” ungkap Karni.

” Agenda Posyandu kali ini selain penimbangan dan pengukuran balita, bagi yang belum campak dan folio, yah dicampak dan difolio,” ujarnya.

Besar harapan dikatakan Karni, Posyandu kencana 5 tetap maju.

” Terutama tidak ada terjadi lagi stunting di Karawang,” tutupnya.

Shares:

Related Posts