DaerahJawa Barat

Mengungkap Cerita ” Nyai Ronggeng ” Film Pendek Karya LSM Lodaya Karawang


KARAWANG, JabarNet.com- Setelah sukses penggarapan video clip Tarian Bedog Lubuk Karawang, selanjutnya dalam rangka pelestarian budaya, LSM Lodaya berencana pembuatan film pendek tentang ke Karawangan, mengungkap cerita ” NYAI RONGGENG ”

Adapun film pendek Nyai Ronggeng ini menurut Ketua LSM Lodaya Nace Permana dalam upaya meluruskan sentimen negatif tentang budaya seni ” Goyang Karawang “.

Pasalnya, Goyang Karawang yang sampai saat ini dikenal masyarakat, seolah menjadi icon budaya Karawang mempunyai interpetasi yang salah, atau keliru dan terkesan miring.

Meluruskan hal itu, film pendek berjudul “Nyai Ronggeng” tengah digarap Nace Permana yang juga dikenal aktif dibidang budayawan Karawang.

“Ada interpretasi yang keliru tentang Goyang Karawang yang harus diluruskan. Pada masa penjajahan Goyang Karawang itu merupakan sebuah slogan untuk meningkatkan semangat para pejuang melawan penjajah khususnya di Karawang,” ujar Nace Permana kepada JabarNet.com, Jumat (12/03).

Upaya meluruskan interpretasi Goyang Karawang terang Nace, akan dikemas dalam sebuah alur cerita visual berupa film pendek, sekaligus sebagai wahana edukasi bagi masyarakat agar mengetahui makna sebenarnya tentang Goyang Karawang.

“Mengangkat cerita rakyat Karawang, seorang tokoh seni penari perempuan bernama Nyi Ronggeng menjadi latar yang dituangkan kedalam film pendek, secara subtansial diharapkan menjadi bahan edukasi bagi masyarakat tentang Goyang Karawang,” katanya.

Fakta lain soal sosok nyi ronggeng juga disampaikan Nace sejarahnya yang diyakini nyata bukan sekedar cerita rakyat Karawang, iapun punya peran penting dalam sebuah perjuangan melawan penjajah di tanah pangkal perjuangan.

“Nyai Ronggeng merupakan sosok penari yang sangat cantik, sehingga para penjajah dahulu terkelabui oleh paras cantiknya, namun pada akhirnya Nyi Ronggeng terbunuh penjajah,” tandasnya.

Menurut Nace, bahwa dengan hadirnya nyai ronggeng yang bergabung dengan laskar pejuang memberikan kontribusi atas perjuangan melawan penjajah dan tidak sedikit penjajah terperangkap olah kecantikan nyai ronggeng.

Adapun rencana pembuatan film pendek Nyai Ronggeng ini dilokasi tempat- tempat yang memiliki sejarah Karawang.

” Insya allah ditempat-tempat yang memiliki sejarah Karawang, rencana di Goa Dayeuh dan di Candi Jiwa, ” Kata Nace.

Dikatakan Nace, pembuatan film Nyai Ronggeng ini rencananya akan dikirim ke Sekolah yang ada di Karawang.

” Itu sifatnya gratis, bukan untuk mencari profit, kita hanya ingin memberikan pengetahuan bahwa ada sejarah di Karawang tentang perjuangan melawan penjajah, ” Tuturnya.

Dengan dirilisnya Film pendek Nyai Ronggeng ini Nace juga berharap masyarakat akan lebih mendapatkan pengetahuan akan sejarah- sejarah Karawang.

“Harapan kami masyarakat lebih dapat pengetahuan sejarah Karawang, karena Negara yang besar adalah Negara yang tidak melupakan sejarah, ” Pungkasnya.
(Wan)

Shares:

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *