DaerahJawa Barat

Mahasiswa UBP Sabet Juara 1 Kejuaraan Internasional Karate Championship ESA Unggul CUP

Kejurnas Karate Championship ESA

KARAWANG, JabarNet.com – Muhammad Rindra Alfiansyah, mahasiswa Prodi Sistem Informasi Fakultas Ilmu Komputer Angkatan 2022 UBP Karawang sabet juara 1 Kejuaraan Internasional Karate Championship Esa Unggul Cup – IV 2023 kategori Kumite -60kg Putra.

Ajang kejuaraan tersebut dilaksanakan pada tanggal 10-12 Maret 2023 di GOR Ciracas, Jakarta timur.

Sekadar diketahui, Kejuaraan Internasional Karate Championship Esa Unggul Cup – IV 2023 merupakan ajang kejuaraan karate tingkat Internasional yang sudah menjadi agenda tahunan dengan melibatkan lingkup Nasional dan Internasional.

Dalam pelaksanaannya, ajang tersebut diikuti oleh karateka Nasional dan Manca Negara. Terdapat sebanyak 3.400 Karateka yang turut bersaing untuk memperebutkan piala Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan RI (Kemendikbud-RI).

Dilansir dari data peserta yang mengikuti kejuaraan tersebut, peserta merupakan atlet–atlet se-Indonesia dengan perguruan di bawah naungan PB FORKI yang mewakili Klub/Dojo/Universitas dan peserta luar negeri (Internasional).

Selama perjalanan meraih prestasi tersebut, Rindra mengaku telah melakukan berbagai persiapan. Beberapa di antaranya yakni rutin berlatih, menjaga pola makan, hingga menjaga pola tidur.

“Untuk persiapannya, saya berlatih 5 kali dalam seminggu di Dojo Twin Squad Karate Academy Karawang dan dibarengi pola makan dan tidur yang teratur,” ungkap Rindra saat ditemui, Rabu (15/3/23).

Rindra pun mengatakan terdapat banyak tantangan selama persiapan hingga pelaksanaan Kejuaraan Internasional Championship Esa Unggul Cup – IV 2023 tersebut.

Namun, baginya sebagai seorang atlet ia harus bisa mengendalikan semuanya agar berjalan dengan semestinya.

Sebelum mengikuti kejuaraan Internasional kali ini, Rindra mengungkapkan bahwa dirinya sudah pernah menjuarai kejuaraan Nasional Unsika Rektor Cup 2021.

“Alhamdullilah sudah pernah (menjadi juara). Sebelumnya juga saya menjuarai kejuaraan Nasional Unsika Rektor Cup di Karawang,” Ujarnya.

Dapat berkeliling ke setiap daerah dan mengenal Budaya – budaya daerah menjadi salah satu motivasinya dalam mengikuti berbagai kejuaraan.

“Motivasi saya bisa berkeliling ke setiap daerah saat kejuaraan dan belajar budaya–budaya yang ada tiap daerah. Selain itu, tentu saja dapat membanggakan orang tua, membanggakan daerah, serta diri sendiri, dan menambah pengalaman,” ungkap Rindra.

Terakhir, Rindra turut menyampaikan pesan dan harapannya untuk teman-teman lain ke depannya.

“Pesannya jangan pernah takut untuk memulai sesuatu dan jangan pernah takut untuk mencoba. Percaya terhadap kemampuan diri sendiri ”Believe In Yourself” dan harapannya semoga teman-teman bisa berprestasi di bidangnya juga,” tutup Rindra.

Sementara itu, Wakil Rektor III, Dr. Uus MD Fadli., Ir., SE., MM mengatakan, UBP Karawang mendukung penuh terhadap peningkatan prestasi mahasiswa terutama di bidang akademik maupun non-akademik.

Maka dari itu, pihaknya mengapresiasi atas prestasi Rindra, yang telah berhasil  mengamankan juara 1 pada ajang Internasional Karate Championship ESA Unggul CUP.

“Semoga prestasi Rindra bisa menjadi pelecut semangat bagi mahasiswa lain untuk terus berkarya dan berprestasi ditingkat Internasional. Tentunya ini sebagai bentuk kami dalam mewujudkan kampus UBP Karawang yang lebih berkompetetif,” ungkapnya

Hal serupa pun dikatakan Rektor UBP Karawang, Prof. Dr. Dedi Mulyadi SE MM, yang turut mengapresiasi prestasi Rindra.

“Kami patut berbangga hati karena mahasiswa kami yaitu Muhammad Rindra Alfiansyah juara 1 Kejuaraan Internasional Karate Championship Esa Unggul Cup – IV 2023, Rindra merupakan penerima beasiswa KIP Angkatan 2022, dan semoga prestasi Rindra ini diikuti oleh mahasiswa-mahasiswa penerima beasiswa yang lainnya, agar mereka ikut turut serta dalam kegiatan-kegaitan yang menghasilkan prestasi nasional maupun intrernasional,” katanya.(Muhtar)

Shares:

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *