Lumbung Pertanian Berkurang Berganti Jadi Industri, Kades Terpilih Emin Bakal Gali Potensi Ditengah Lumbung Industri Untuk Warga Desa Wanajaya

KARAWANG,JabarNet.com- Kades terpilih Desa Wanajaya Kecamatan TelukJambe Barat Kabupaten Karawang, bakal menggali potensi warga nya ditengah Industri diperiode ke 2 menjabat sebagai Kepala Desa.

Hal ini mengingat adanya perubahan atau berkurangnya lumbung pertanian menjadi lumbung industri di Desa Wanajaya tersebut.

” Sekarangkan Desa Wanajaya beralih fungsi dari Pertanian ke Industri, mungkin kita akan gali potensi di Industri terutama tenaga kerja dan potensi-potensi lain yang bisa dikerjakan oleh warga lingkungan diperusahaan, ” Ungkap Emin Saepudin kepada JabarNet.com saat ditemui di Rumah Makan Saayana miliki pribadinya, Minggu, (4/03/2021).

Diakui Emin, memang Desa Wanajaya ini setelah beberapa tahun kebelakang ekonomi merosot, karena lahan pertanian berkurang hampir 70 persen hilang.

“Karena sudah digarap kawasan perindustrian, sedangkan Industri baru berkembang atau mulai berjalan di Wilayah Desa Wanajaya,” Ujarnya.

Maka dari itu, Kades Emin akan berusaha bagaimana caranya agar warga bisa beradaptasi dari pertanian ke Industri.

” Tetap saya akan memperjuangkan masyarakat Wanajaya menggali potensi di Desa sendiri,” Kata Emin.

Selain itu, Emin juga mengatakan bahwa potensi lain seperti UMKM bakal dikembangkan di Desa Wanajaya untuk mendukung program ke pemimpinan Cellica- Aep upaya pemulihan ekonomi dan pengembangan UMKM dimasa Covid-19.

” Untuk pengembangan UMKM di Desa Wanajaya sebenarnya kita ada potensi, Karena saya punya rencana objek wisata desa, akan tetapi objek wisata desa kita terbentur dengan perizinan lahan yang ada di Desa Wanajaya,karena ada lahan yang dimiliki oleh kementrian ATR, tetapi lahan tersebut sudah 3 tahun dipercayakan ke pemerintahan desa,” Ungkapnya.

” Nah maka dari itu kita akan membikin surat kembali untuk permohonan supaya tanah itu bisa dijadikan objek wisata Desa untuk peningkatan masyarakat sekitar, khususnya warga Desa Wanajaya umumnya Kabupaten Karawang” Imbuhnya.

Emin menyampaikan, bertekad untuk mensejahterakan masyarakat Wanajaya dengan potensi yang ada dimiliki pemerintah Desa.

” Kalau saya berharap selaku pemerintahan desa bagaimana caranya bisa mensejahterakan masyarakat dengan potensi yang ada di Desa Wanajaya,” Kata Emin.

Bahkan ia juga mengungkapkan, Rumah Makan yang didirikan sekarang ini (Cobek Saayana-red) untuk bisa menciptakan lapangan kerja bagi warga sekitar.

” Yah memang waktu awal saya mendirikan Rumah Makan ini, hanya punya cita-cita bagaimana bisa menciptakan lapangan kerja, alhamdulillah 20 Karyawan yang bekerja warga sekitar disini, intinya bisa bermanfaat buat masyarakat ” Tutupnya (Wan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here