DaerahJawa Barat

Hari Tata Ruang Nasional 2023, DPUPR Karawang Undang Semua Elemen Masyarakat, Begini Tujuannya

Hari Tata Ruang Nasional 2023

KARAWANG, JabarNet.com– Dinas PUPR Karawang menggelar peringatan Hari Tata Ruang Nasional 2023.

Hari Tata Ruang Nasional 2023 tahun ini tingkat Kabupaten Karawang yang digelar di Mercure Hotel, Rabu (8/11/2023),    mengusung tema ” Membumikan Tata Ruang, Menata Ruang Yang Membumi “.

Peringatan Hari Tata Ruang (Hantaru) Nasional di peringati setiap tanggal 8 November sebagaimana Keputusan Presiden Nomor 28 Tahun 2013 tentang Hari Tata Ruang Nasional.

Plt Kepala Dinas PUPR Kabupaten Karawang, H. Rusman dalam sambutannya menyampaikan, kegiatan yang diselenggarakan  merupakan upaya pemerintah Kabupaten Karawang melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang dalam rangka memberikan edukasi dan sosialisasi tata ruang melalui peningkatan pemahaman dan peran serta masyarakat dalam penataan ruang.

“Peringatan Hari Tata Ruang Nasional merupakan wahana sosialisasi, interaksi, dan konsolidasi pemangku kepentingan dalam rangka penataan ruang di Kabupaten Karawang,” kata H. Rusman.

Ia menjelaskan, kebijakan penataan ruang kabupaten dirumuskan berdasarkan potensi dan kondisi geografi wilayah serta kearifan lokal yang berkembang di masyarakat Kabupaten Karawang, sehingga tercipta pemanfaatan ruang bagi masyarakat Karawang secara terpadu, berdaya guna dan berhasil guna, selaras, seimbang dan berkelanjutan.

“Hal ini selanjutnya menjadi semangat dan nilai bersama melalui slogan penataan ruang di Kabupaten Karawang yakni

“membumikan tata ruang dan menata ruang yang membumi,” tegasnya.
H. Rusman membeberkan, tujuan penyelenggaraan peringatan Hari Tata Ruang Nasional 2023 di antaranya mensosialisasikan kebijakan penataan ruang di Kabupaten Karawang, dan mendorong kolaborasi dan sinergi seluruh pemangku kepentingan di Kabupaten Karawang dalam pemanfaatan ruang sesuai Kebijakan Penataan Ruang Kabupaten Karawang.

Masih kata H. Rusman, peringatan Hantaru tingkat Kabupaten Karawang Tahun 2023 mengambil tema ‘Membumikan Tata Ruang, Menata Ruang yang Membumi’. Tema dimaksud di dasarkan atas kebutuhan serta tantangan pembangunan di Kabupaten Karawang sebagai daerah yang sedang berkembang pesat.

“Diperlukan adanya upaya kolaborasi serta sinergi untuk mewujudkan Karawang yang mandiri, maju adil dan makmur,” ungkapnya.

Kegiatan Hari Tata Ruang Nasional 2023 secara resmi dibuka langsung Plt Bupati Karawang yang diwakili Plt Asda 2 Eka Sanantha, turut hadir anggota DPRD Karawang, OPD, Forkopimdan dan tamu undangan lainnya. (***)

Shares:

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *