DaerahJawa Barat

DLHK Karawang : Tumpukan Karung Bekas Urea di Kampung Lampean Bukan Limbah B3

DLHK Karawang Saat Sidak kelokasi Tumpukan Karung

KARAWANG, JabarNet.com – Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Kabupaten Karawang menginvestigasi tumpukan karung pupuk milik warga Dawuan, Kecamatan Cikampek. Tumpukan karung bekas pupuk urea tersebut disimpan di halaman rumah Iin, seorang warga Kampung Lampean 1 RT004, RW006, Desa Kedawung, Kecamatan Lemahabang, Kabupaten Karawang.

“Karung bekas dan sisa pupuk urea di dalamnya bukan termasuk limbah B3. Karena pupuk itu bukan B3, memang untuk keperluan pertanian,” kata Meli Rahmawati, Kepala Bidang Pengawasan dan Pengendalian Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Kabupaten Karawang, (26/10).

Meli menuturkan, pihaknya telah mengundang, Indra selaku pemilik sampah ekonomis tersebut untuk klarifikasi di kantor DLHK Karawang Selasa (1/11/2022). Namun, Indra tak hadir. Begitupun Iin, pemilik lahan yang disewa Indra untuk menyortir karung bekas pupuk tersebut.

Sebelumnya, saat mengecek lokasi tumpukan karung tersebut, Iin mengaku lahannya hanya disewa oleh Indra, pemilik CV Adi Wijaya Putra, sebuah badan usaha asal Dawuan, Kecamatan Cikampek. “Saya ketitipan saja. Yang punya kegiatan itu Pak Indra,” kata Iin.

“Awalnya Pak Indra mau menyewa gudang di daerah sini, namun di tengah proses mengontrak, karung-karung ini dititipkan di sini,” Iin menambahkan.

Iin menuturkan Indra menyewa halaman rumahnya untuk menyimpan karung bekas pupuk urea. Namun karung-karung tersebut terkena hujan dan mengeluarkan bau urea.

“Karena kehujanan, dan kita belum sempat membuat saung akhirnya karung-karung ini mengeluarkan bau urea,” kata Iin.

Iin menuturkan, karung-karung tersebut telah diangkut dari halaman rumahnya. Pada Rabu, 19 Oktober 2022.

Berdasarkan keterangan Kepala Desa dan pemilik lahan, tidak ditemukan keluhan masyarakat seperti yang diinformasikan Sarikat Hijau. Saat ini, area tempat penyimpanan karung bekas di Lampean sudah bersih.(Yo)

Shares:

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *