DaerahJawa Barat

Baru Jabat Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Iwan Ridwan Targetkan Zero Waste ‘ Nol Sampah di Karawang

KARAWANG, JabarNet.com– Dinas Lingkungan Hidup ( DLH ) Kabupaten Karawang menargetkan penanganganan sampah di Karawang ‘ Zero Waste ‘ artinya nol sampah.

Demikian disampaikan Iwan Ridwan mantan Camat Banyusari  yang baru ini menjabat sebagai Kepala Dinas Lingkungan Hidup ( DLH ) saat ditemui dikantornya, Jum’at ( 16/3/2024).

” Untuk penanganan sampah pertama kita tetap akan menggerakan SDM yang ada dan peran serta masyarakat tidak buang sampah sembarangan terlebih saat ini musim penghujan,” ungkap Iwan.

Kemudian lanjut Iwan kedepannya penanganan sampah di Karawang akan menggunakan peralatan modern.

” Dengan metode pengeringan biologis atau Refuse-derived Fuel (RDF) yakni bahan bakan pengganti Batubara, saat ini sedang berproses mudah-mudahan tahun depan sudah beroperasi  sehingga diharapkan Zero Waste persoalan sampah di Karawang bisa teratasi,” katanya.

” Zero Waste artinya nol sampah, meski tidak sepenuhnya bebas sampah minimal mendekati, seperti di Banyuwangi Tempat Pembuangan Akhir Sampah ( TPA ) itu tidak ada sampah habis di TPST ( Tempat Pembuangan Sampah Terpadu ),” terangnya.

Sehingga untuk menargetkan Zero Waste Nol Sampah di Karawang ia juga akan memaksimalkan 3 TPST yang ada.

” Nanti di 3 TPST itu peralatannya akan kita tambah, sehingga yang biasanya pengelolahan sampah sebelumnya 4 sampai 5 ton diharapkan tahun ini pengelolahan sampah sampai 30 ton ” tutupnya.

Shares:

Related Posts