DaerahJawa Barat

3000 “Wawakil” Orang Sunda Karawang Akan Sambangi Pemkab Tuntut Mundur Arteria Dahlan

KARAWANG, JabarNet.com– Sebanyak 3000 orang mewakili orang sunda di Kabupaten Karawang akan menyambangi kantor Pemerintahan Kabupaten (Pemkab) Karawang menuntut agar Arteria Dahlan dipecat sebagai anggota DPR RI.

Gerakan aksi protes orang sunda Karawang tersebut merupakan puncak kemarahan atas ocehan Arteria Dahlan dalam rapat bersama Kejaksan Agung (Kejagung RI) beberapa hari lalu, yang didalam perkataannya dinilai menyinggung orang sunda.

Mematangkan rencana aksi, pada hari Kamis 20 Januari 2022, bertempat di Cafe Best friend diwilayah Kecamatan Karawang Barat, seluruh komunitas sunda Karawang berkumpul untuk menyamakan persepsi dan persiapan aksi yang akan digelar, Jumat 21 Januari 2022.

“Kami berkumpul dengan beberapa komunitas sunda Karawang, dalam rangka menyamakan persepsi langkah – langkah terkait dengan masalah yang sedang viral,” ujar Ketua Aliansi Sunda Karawang (Aska,) Nace Permana kepada JabarNet.com, di Cafe Best friend, Kamis (20/01).

“Kami orang sunda Karawang mengutuk keras atas apa yang dilakukan Arteria Dahlan, maka besok sekitar 3000 orang dari 12 komunitas akan melakukan aksi di depan kantor DPRD Karawang,” imbuh Nace.

Lebih lanjut Nace mempertanyakan terkait dasar Arteria Dahlan menyinggung orang sunda dalam helaran rapat bersama Kejagung beberapa waktu lalu, hingga memicu kemarahan orang sunda pada dirinya.

“Ini ada sentimen apa Arteria Dahlan sehingga berani membangunkan orang sunda, yang mana tagelennya selama ini orang sunda terkenal dengan sikapnya handap asor, sopansantun, pemaaf tapi kali ini Arteria tidak cukup meminta maaf tapi harus diproses secara hukum,” katanya.

Berdasarkan hal tersebut, dalam aksinya di Pemkab Karawang, Nace akan menyampaikan sejumlah tuntutan orang sunda Karawang, sebagai fanismen karena Arteria Dahlan sudah berani mengusik orang sunda.

“Kami menuntut Ateria agar diproses secara hukum, karena apa yang dilakukannya ada unsur provokasi dan perbuatan rasis sehingga menimbulkan kegaduhan, inikan ada pasalnya. Kami mendorong agar APH memprosesnya karena sebelumnya sudah banyak pelaporan yang komunitas buat, jangan hanya rakyat kecil yang diproses orang besarpun jika salah perlu diproses,” tegasnya.

Tuntutan lainpun yang berkaitan dengan Arteria Dahlan sebagai Anggota DPR RI agar dipecat, dilayangkan Nace, pasalnya orang seperti itu dinilainya tidak pantas jadi seorang wakil rakyat.

“Jadi kami meminta Dewan Kehormatan DPR RI agar segera memproses Arteria Dahlan dipecat sebagai anggota Dewan, yang mana selalu disebut anggota yang terhormat, kami sangat keberatan orang seperti itu disebut orang terhormat,” katanya.

Aksi protes menuntut Arteria Dahlan dipecat dan diproses yang berwajib dijelaskan Nace tidak akan hanya diungkapkan kepada Pemkab Karawang, sejumlah langkah lanjutan sudah menjadi planing, sebagai bentuk kemarahan orang sunda pada Arteria Dahlan.

“Lebih lanjut kami sudah membentuk tim advokasi hukum untuk mengawal laporan – laporan yang sejumlah komunitas sunda buat kepada yang berwajib. Pasca aksi besok, tuntutan akan kami sampaikan kepada Pempvrov Jabar, kita akan datangi Gedung Sate di Bandung,” ungkapnya.

“Jika tuntutan kami tidak mendapat respon dan tindaklanjut dari Pemkab Karawang dan Pemprov Jabar, selanjutnya kami bersama orang sunda lainnya akan mengepung Gedung DPR di Jakarta, menuntut agar Arteria Dahlan dipecat dan diproses hukum, kita akan hitamkan senayan,” pungkasnya. (red)

Shares:

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *