DaerahJawa Barat

Peringati Harganas 2022, Bupati Cellica : Insya Allah Upaya Kita Dalam Mensejahterakan Masyarakat Akan Jauh Lebih Terukur

KARAWANG, JabarNet.com – Pemerintah Kabupaten Karawang, menggelar Apel Peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) tahun 2022, di Plaza Pemda Karawang. Rabu, (28/6) pagi.

Mengusung tema ‘Ayo Cegah Stunting Agar Keluarga Bebas Stunting’ apel peringatan Harganas di Karawang diikuti tak kurang dari seribu peserta, yang terdiri dari PLKB, Pos KB dan Sub Pos KB, Kader KB, dan Mitra Bangga Kencana DPPKB Karawang.

Dalam Sambutannya, Bupati Karawang, Cellica Nurrachadiana menyebut, peringatan Harganas tahun 2022 jadi momentum bagi pemerintah untuk menciptakan keluarga yang sehat dan berkualitas.

Untuk mencapai tujuan itu, diperlukan komitmen bersama untuk menghapuskan kasus stunting di Karawang. Pasalnya, stunting merupakan salah satu penyebab lambannya proses pembangunan sumber daya berkualitas di Kabupaten Karawang.

“Dalam upaya pencegahan stunting, keluarga berperan penting dalam masalah pemenuhan gizi, juga memastikan diterapkannya pola asuh berkualitas dalam keluarga. Melalui peran keluarga yang cerdas ini, maka intervensi untuk mencegah terjadinya kasus stunting baru akan meningkat,” ujar Cellica.

Sebagai bentuk keseriusan pemerintah, lanjut Cellica, pihaknya telah membentuk Tim Percepatan Penurunan Stunting (TPPS) yang dipimpin langsung oleh Wakil Bupati Karawang, Aep Syaepulloh. TPPS ini terdiri dari 19 dinas/stakeholder di Karawang.

“Karena penurunan stunting merupakan tanggung jawab bersama,” ujarnya.

Cellica juga menyebut, program Bangga Kencana sebagai dasar pembangunan keluarga sejahtera, jika dibangun secara integral maka dapat berdampak pada banyak hal.

Seperti, pembatasan angka kelahiran, penggunaan KB pasca persalinan, menekan angka kematian ibu melahirkan dan bayi baru lahir, serta berdampak pada penurunan kasus stunting.

“Kami sudah menerbitkan Perbup nomor 18 tahun 2022 tentang KB Pasca Persalinan, melalui Perbup itu, insya allah upaya kita dalam mensejahterakan masyarakat akan jauh lebih terukur,” kata Cellica.

Disisi lain, Kepala DPPKB Karawang, Sofiah mengatakan, selain momentum untuk perkuat komitmen perangi stunting. Harganas juga jadi momen penting bagi DPPKB Karawang dalam meningkatkan pelayanan pada masyarakat.

Pada kesempatan itu juga, DPPKB Karawang memberikan apresiasi dan penghargaan kepada pihak eksternal di luar DPPKB Karawang, yang telah berkontribusi dalam hal program Bangga Kencana.

“Mereka adalah para camat, kepala puskesmas, dan kepala desa yang berprestasi dalam mendukung program KB di wilayahnya,” ujarnya.

Sofiah bilang, selain Apel Peringatan Harganas. DPPKB Karawang juga punya rangkaian acara penting dalam rangka memperingati Harganas tahun ini. Mulai dari donor darah, pelayanan KB satu juta akseptor, lomba foto keluarga, pertunjukan musik oleh Seniman Peduli Bangga Kencana, dan masih banyak acara lainnya.

“Melalui perataan Harganas ini saya berharap, program Bangga Kencana di Karawang berhasil dan sukses, agar bisa menciptakan keluarga yang sehat, tangguh, dan berkualitas,” ujar Sofiah (rls)

Shares:

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *