DaerahJawa Barat

Pabrik Baterai Kendaraan Listrik Pertama di Asia Tenggara Bakal Dibangun Di Karawang


KARAWANG, JabarNet.com– Pemerintah Kabupaten Karawang bakal miliki pabrik baterai listrik yang pertama di Indonesia bahkan di Asia Tenggara. Peletakan batu pertama telah dilakukan oleh Presiden RI, Joko Widodo di kawasan Karawang New Industrial City, Kabupaten Karawang, Rabu (15/9).

Pabrik ini akan dibangun dengan nilai investasi sebesar US$ 1,1 miliar dari total nilai investasi mencapai US$ 9,8 miliar antara PT. Industri Baterry Indonesia dan Konsorsium LG asal Korea Selatan. Dan pabrik baterai kendaraan listrik perdana ini akan dikelola oleh PT. HKML Baterry Indonesia.

Untuk pembangunan tahap pertama ini memiliki kapasitas produksi baterai hingga 10 gigawatt hour (GWh) dan akan digunakan untuk kendaraan listrik dari Hyundai.

Dengan dibangunnya pabrik ini semakin menambah deretan industri besar di Karawang. Karawang menjadi salah satu kabupaten incaran para investor lokal maupun asing dalam mengembangkan sayap bisnisnya.

Hadir dalam acara peletakan batu pertama tersebut Menteri Koordinator Maritim dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan, Kepala BKPM Bahlil Lahadalia, Menteri BUMN Erick Thohir, Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil bersama Pangdam Siliwangi dan Kapolda Jawa Barat, Bupati Karawang dr. Hj. Cellica Nurrrachadiana, Wakil Bupati H. Aep Syaepuloh SE, serta sejumlah pejabat terkait dilingkungan pemerintah Kabupaten Karawang.(Ist)

Shares:

Related Posts

1 Comment

  • Aziz
    Aziz
    September 15, 2021 at 8:15 pm

    Sy ikut senang dgn byknya investor besar di Karawang tp tolong penataan daerah bisa diperhatikan. Jgn hanya ingin ada pendapatan besar tp TDK dpt memanfaatkan sumber dana, & SDM utk bisa menjadi daerah yg maju, rapih, tertib, bebas banjir, semrawut jln mau pun pasar seolah2 tdk di urus & diperhatikan.
    Karawang itu kabupaten yg meliputi daerah lain yg di bawah naungannya.
    Jika tdk mampu lebih baik dilakukan pemecahan wilayah sehingga wilayah lain bisa berkembang

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *