DaerahJawa Barat

HIMA IP Unsika Gandeng Dinkes Pengecekan Kesehatan Masyarakat Desa Talagamulya

KARAWANG, JabarNet.com- Himpunan Mahasiswa Ilmu Pemerintahan (HIMA IP) Universitas Singaperbangsa Karawang (Unsika) mengadakan kegiatan Pengabdian Masyarakat di SDN Talagamulya Dusun Mekarsari, Talagamulya, Kecamatan Telagasari, Kabupaten Karawang, Jawa Barat pada hari Rabu, 24 Juli 2024.

Dalam Pengabdian Masyarakat ini, HIMA IP banyak melakukan berbagai kegiatan, salah satunya yaitu cek kesehatan gratis.

Sebagaimana disampaikan Tania Rebelina panitia pelaksana pengabdian masyarakat, tujuan dari kegiatan tersebut agar warga dapat mengetahui kesehatan tubuhnya.

” Pengecekan kesehatan yang kita adakan gratis, disini warga sangat antusias karena mereka bisa mengetahui kondisi kesehatannya dan ini kita sengaja diadakan didesa melibatkan Puskesmas,” ucap Rebel.

Rebel mengatakan, pengecekan yang dilakukan oleh petugas puskesmas antara lain pengecekan tensi darah, suhu badan, berat badan, dan keluhan yang dialami oleh setiap warga.Seperti pusing, batuk, flu, demam, darah tinggi, dan sebagainya.

” Tidak hanya pengecekan, puskesmas juga memberikan obat sesuai dengan keluhan setiap warga,” kata Rebel.

Sementara itu Ibu Yati salahsatu warga desa Talagamulya mengungkapkan sangat merasa terbantu dengan adanya pengecekan kesehatan gratis yang digelar oleh HIMA IP Unsika.

” Kami warga sangat berterima kasih kepada para Mahasiswa HIMA IP Unsika karena bisa melakukan pengecekan kesehatan gratis dan diberikan juga obatnya, kami merasa terbantu,” singkatnya.

Tak hanya warga, petugas Puskesmas pun sangat mengapresiasi kegiatan pengecekan kesehatan yang diselenggarakan oleh HIMA IP Unsika.

” Kegiatan ini sangat bagus, warga disini sangat sadar akan pentingnya kesehatan makanya mereka banyak yang datang melakukan pengecekan kesehatan,” ucap petugas Puskesmas.

Dalam kesempatan yang sama Ketua pelaksana Pengabdian Masyarakat 2024, Fischa Anindya mengatakan, sebanyak 39 warga  yang melakukan pengecekan kesehatan.

Ia berharap kegiatan yang telah dilakukan dapat dirasakan oleh masyarakat terutama tentang kesehatan.

” Saya berharap program ini dapat meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga kesehatan baik melalui pola makan yang sehat, olahraga, maupun pemeriksaan kesehatan secara rutin,” ucapnya.

” Dan besar harapan, kegiatan ini dapat mempererat hubungan antara mahasiswa, tenaga kesehatan dan Masyarakat. Sehingga tercipta kolaborasi yang baik, semoga program cek kesehatan gratis dapat membawa manfaat yang besar bagi masyarakat dan meningkatkan kualitas hidup,” tandasnya.

Shares:

Related Posts