DaerahJawa Barat

DP3A Karawang Gelar Gender Champion 2021, Sri Rahayu : Menekan Tingkat Kekerasan Terhadap Perempuan dan Anak


KARAWANG,JabarNet.com-Penganugrahan Gender Champion tingkat Kabupaten Karawang 2021 dengan tema kesetaraan gender kunci sukses dalam pembangunan, telah berhasil di selenggarakan oleh Dinas DP3A Kabupaten Karawang.

Peserta dalam acara tersebut terdiri dari 30 peserta dari berbagai kecamatan, perwakilan 1 orang, lalu telah melewati seleksi secara langsung dari pihak tim untuk menentukan tahap selanjutnya.

Kepala Bidang PUG DP3A  Siti Komarianingsih, M.Kes mengungkapkan, kegiatan yang digelar dalam rangka grand final Penganugrahan Gender Champion tingkat Kabupaten Karawang 2021. Sebenarnya sudah di seleksi sebelum nya, disini penentuan untuk menentukan yang juara dengan total 6 peserta.

Peserta yang berhak ke Grand Final tersebut terdiri dari Kecamatan Batu Jaya, Telukjambe Barat, Majalaya, Purwasari, Jayakerta, Tempuran.

“Kriteria tahapan awal jadi para camat mengirimkan 1 perwakilan untuk mengikuti Gender Champion, setelah itu mengirimkan data-data fortofolio lalu di seleksi ternyata lolos semua. Kemudian di cek langsung ke lapangan dan mendapatkan kadidat 6 peserta untuk masuk Grand Final.”ucapnya

Persyaratannya mempunyai KTP Karawang, tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh pendidikan, dan peduli lingkungan sekitar.

” Hari ini mereka berpidato dan menjawab pertanyaan dari dewan juri setelah itu menetukan juara dari juara 1 sampai 3, dan juara harapan 1 sampai 3.”ucapnya

Dalam kesempatan Hj Sri Rahayu Agustina anggota komisi V DPRD Jabar S.H selaku dewan juri mengatakan, dengan terselenggaranya Gender Champion menekan tingkat kekerasan terhadap perempuan dan anak di Kabupaten Karawang.

” Alhamdullilah respon dari Kabupaten Karawang sangat cukup luar biasa, kita menggandeng stockholder yang hari ini di luar pemerintah melalui pertamina yaitu karawang berseri project nya di karawang kulon karena perkawinan dini nya tinggi.”ujarnya

Harapanya menciptakan desa ramah anak karena harus ada regulasi, sekolah ramah anak, dan jalan ramah anak. Karena banyak nya kasus terhadap di jalan kasus kekerasan terhadap perempuan dan anak.

Akhirnya juara nya pun di umumkan , untuk juara kesatu yaitu Kecamatan Tempuran, kedua kecamatan majalaya dan seterusnya.

“Semoga masyarakat lebih terbuka lagi, lebih memberikan kesempatan kepada kami kaum perempuan dalam membangun bangsa, negara dan khususnya Kabupaten Karawang ke depannya,” Kata Rohmahyati Juara 1 Gender Champion Perwakilan Kecamatan Tempuran.

Peran perempuan sangat penting karena selain membidik anak, tetapi perempuan itu tanggung jawab terhadap keluarga dan harus produktif demi generasi anak selanjutnya maju dalam karier.”pungkasnya.(YM)

Shares:

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *