DaerahJawa Barat

Budidaya Ikan Nila di Sedari Karawang Jadi Percontohan Nasional Dilirik Kementrian Kelautan dan Perikanan

H. Abu Bukhori, Plt Kepala DKP Kabupaten Karawang

KARAWANG, JabarNet.com,- Kembali Kabupaten Karawang mendapat apresiasi baik dari pemerintah pusat maupun Pemprov mengenai budidaya perikanan.

Kali ini apresiasi tersebut terkait budidaya ikan Nila Salin di Desa Sedari, Kecamatan Cibuaya Kabupaten Karawang, hasil pembinaan Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Karawang.

Plt Kepala DKP Karawang H. Abu Bukhori mengatakan, direncanakan hari ini rabu (24/3) Kementrian Kelautan dan Perikanan akan mengunjungi Budidaya ikan nila didesa Sedari Kecamatan Cibuaya.

” DKP Karawang mendapatkan apresiasi dari Kementrian Kelautan dan Perikanan terhadap kegiatan budidaya perikanan di Kabupaten Karawang yang merupakan program Bupati Cellica tentang bagaimana menciptakan kampung-kampung perikanan sesuai dengan program dari Kementrian,” Ungkap H. abu kepada JabarNet.com, Kamis (24/3).

H. abu juga mengungkapkan, bahwa budidaya perikanan yang menjadi binaan DKP Karawang sudah tersebar dibeberapa wilayah.

” Nah kebetulan kampung-kampung budidaya perikanan kita itu sudah ada beberapa titik, yang pertama kampung Lele, dan yang sekarang ini mendapatkan dukungan resmi dari Kementrian adalah kampung budidaya perikanan yang ada di Sedari yaitu kampung yang dikhususkan budidaya ikan Nila Salin,” Kata H. Abu.

Lanjut H. Abu, pihaknya mengaku selaku Dinas Pemerintahan bahwa selama ini terus memberikan motivasi bagaimana masyarakat untuk mau melakukan usaha Budidaya perikanan, dikhususkan budidaya jenis Ikan Nila.

” Karena apa kita menggunakan jenis Nila, karena disitu ada beberapa tambak yang luasnya sekitar 200 hektare yang sifatnya tidak dimanfaatkan secara oftimal, nah kalau dipakai budidaya bandeng atau udang disana karena salurannya kurang bagus,” Terangnya.

” Untuk sekarang melalui Program Pengelolaan Irigasi Tambak (PITAP) relatif sarana prasana pengairannya bagus, sehingga suplai air laut maupun air tawar bagus,” Imbuhnya.

H.Abu menjelaskan, kenapa Budidaya ikan Nila jenis Nila Salin, karena Nila jenis ini dapat bertahan pada salinitas yang tinggi atau kadar garam.

” Untuk nila salin ini dapat berkembang dan hidup dengan baik ketika kadar salinitasnya di kadar 20 PPM, ” Jelasnya.

Kemudian dikatakan H. abu Budidaya Ikan jenis Nila ini potensi pasarnya cukup bagus.

“Permintaan ikan nila dan ikan mas cukup tinggi, kenapa cukup tinggi karena ada lost produksi di Jatiluhur sehingga banyak permintaan yang hilang, nah disinilah kita menggunakan kesempatan itu dengan menciptakan kampung nila, dan sekarang sudah beberapa kali panen, dimulai pada tahun 2019 yang lalu,” Katanya.

Sehingga dari keberhasilan budidaya ikan nila di sedari ini dilirik oleh kementrian Kelautan dan Perikanan.

” Pak Dirjen Perikanan TB Heru direncanakan hari ini akan berkunjung kelokasi melihat keberhasilan yang dilakukan Kabupaten Karawang dalam pengembangan budidaya perikanan, beliau juga mencanangkan Sedari ini secara nasional sebagai kampung nila, ” Ujarnya.

” Secara nasional kita sudah ada kampung pindang, kampung lele dan saat ini kampung nila, alhamdulillah ini sudah merupakan percontohan secara Nasional yang dilakukan oleh Kabupaten Karawang, mudah-mudahan dengan adanya support dari kementrian ini budidaya ikan nila di Karawang terus berkembang sehingga bisa meninggkatkan kesejahteraan bagi pelaku usaha budidaya itu sendiri,” Tutupnya (Wan)

Shares:

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *