DaerahJawa Barat

Az-Zahra Galuh Mas Manasik Center Pusat Pelatihan Haji dan Umrah Terbesar di Karawang

KARAWANG, JabarNet.com– Ibadah Haji merupakan Rukun Islam yang kelima. Untuk mencapai Haji yang mabrur dibutuhkan kemampuan untuk melaksanakan setiap tahapan Rukun dan Wajib Haji yang ada dengan sempurna dan kemampuan kita untuk memaknai secara mendalam setiap tahapan yang kita jalani dalam ibadah haji tersebut.

Karenanya menjadi sangat penting bagi kita untuk membekali diri dengan sebaik-baiknya agar ketika saatnya panggilan tersebut datang, kita sudah siap. Salah satu cara yang dapat dilakukan Calon Jamaah Haji dan Umrah untuk membekali diri sebelum Ibadah Haji di Tanah Suci adalah dengan melaksanakan Manasik Haji di lokasi yang representatif.

Salah satu tempat yang menyediakan fasilitas mumpuni untuk melaksanakan peragaan Manasik Haji adalah Az-Zahra Galuh Mas Manasik Center.

Dengan luas total luas wilayah 6000 m2, Az-Zahra Galuh Mas menyediakan Replika Masjidil Haram yang tentunya terdapat Replika Ka’bah yang mirip dengan Aslinya untuk melaksanakan Praktif Tawaf.

Selain itu, dilengkapi pula dengan Replika Jabal Rahmah/Replika Arafah (tempat wukuf), Mudzalifah, Terowongan Mina, Jumrah Ula, Wustha, dan Alqobah hingga Replika Bukit Safa dan Marwah.

Dari awal keberadaannya di akhir tahun 2022 sampai dengan sekarang, Az Zahra Galuh Mas Manasik Center sudah dikunjungi dan digunakan untuk berkegiatan oleh beberapa Kasi di lingkungan Kemenag Kabupaten Karawang seperti Kasi Penyelenggaran Haji dan Umroh, Kasi PD Pontren, dan juga Kepala Kantor Kemenag Kab. Karawang sampai dengan Direktur Bina Haji Kemenag RI, sehingga keberadaannya sudah diketahui dan diakui.

Az-Zahra berkomitmen untuk menjadi pusat pelatihan dan pembelajaran seputar Ibadah Haji dan Umrah yang sesuai dengan syariat tentunya bagi Jamaah Haji/Umroh, Majelis Taklim serta para siswa dan siswi Sekolah agar mereka dapat memiliki pengalaman manasik yang berkesan, yang akan dikenang sampai dewasa nanti dan juga meningkatkan motivasi beribadah Haji sejak dini.

Selain itu, melalui kegiatan Manasik Haji dan Umrah diharapkan dapat menambah pemahaman tentang Agama Islam dan lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT.

“Besar harapan kami bahwa dengan keberadaan Az-Zahra Galuh Mas Manasik Center yang refresentatif ini dapat memberikan kontribusi terhadap proses pembelajaran dan pusat edukasi Agama Islam (terutama tentang berHaji) untuk para siswa mulai dari TK (Pendidikan usia dini) hingga SMA, Jamaah Haji/Umroh serta Jamaah Majelis Taklim di Jawa Barat, khususnya di Karawang.” Jelas Rizky Bayu, Pengelola Az-Zahra Galuh Mas Manasik Center.

Shares:

Related Posts