DaerahKarawang

Angka Kecelakaan di Karawang 1500 Kejadiaan Peringkat ke 2 Se-Jawa Barat, Kapolres Wirdhanto Inovasi Bangun Monumen Keselamatan

KARAWANG, JabarNet.com- Polres Karawang inovasi bangun monumen keselamatan dijalur lintasan kereta Api Tuparev, di Kelurahan Nagasari, Kecamatan Karawang Barat, Kabupaten Karawang.

Pada hari ini selasa 28 Mei 2024 monumen keselamatan dengan tagline ” Kehati-hatian Tidak Merugikan, Namun Kecerobohan Bisa Membuatmu Nyawa ” tersebut diresmikan langsung oleh Kapolres Karawang, Bupati Karawang, Dalop 1 KAI yang diwakilkan kepala stasiun KAI Karawang, dihadiri unsur Forkopimda.

Dalam sambutannya Kapolres Karawang AKBP Wirdhanto Hadicaksono menyampaikan, latar belakang dibangunnya monumen keselamatan, yang pertama data kecelakaan lalulintas di Kabupaten Karawang baik jalur Tol, non Tol, termasuk jalur kereta api cukup tinggi.

Bahkan berdasarkan data dari beberapa Kabupaten di Provinsi Jawa Barat bahwa Kabupaten Karawang memiliki angka ke 2 se- Jawa Barat.

Berdasarkan data dari tahun 2023 sampai dengan tahun 2024 angka kecelakaan lalulintas mencapai lebih dari 1500 kejadian.

” Dimana yang meninggal dunia dari tahun 2023-2024 mencapai 360 Jiwa,” kata Kapolres AKBP Wirdhanto.

Dan khususnya untuk masalah kecelakaan kereta api, bahwa perlu diketahui bersama ada 21 perlintasan sebidang kereta api yang melalui dijalur perkotaan di Kabupaten Karawang yang bersifatnya resmi, ada yang sifatnya penjagaan swadaya dan juga ada yang tidak ada penjagaan

” Angka kecelakaan laka kereta api ditahun 2024 sudah 12 orang meninggal dunia,” ungkap Kapolres.

Dikatakan AKBP Wirdhanto, oleh karena itu atas dasar latar belakang tersebut Polres Karawang berinisiasi bersama Jasa Raharja, Dalop 1 KAI dengan Pemerintah Daerah membangun monumen keselamatan dalam rangka memberikan nilai tambah valur tajibel aset, aset yang tidak terlihat yang seharusnya terlihat oleh masyarakat Karawang yaitu Self awerennes atau kesadaran diri.

” Dengan adanya monumen ini diharapkan dengan akan ditampilkannya data kecelakaan, masyarakat bisa menyaksikan secara langsung, bagaimana kondisi dinamika angka kecelakaan di Kabupaten Karawang,” ucap Kapolres.

” Yang akhirnya bisa meningkatkan kewaspadaan diri masyarakat khususnya didalam berlalulilintas, dan dengan adanya monumen ini tentunya untuk kita bersama-sama mensosialisasikan kepada masyarakat untuk bisa meningkatkan kehati- hatian sehingga tidak terjadi malapetaka yang tentunya tidak diinginkan bersama,” pungkasnya.

Sementara itu Kepala Stasiun KAI Karawang Muhamad Maulana mewakili DALOP 1 Jakarta menyampaikan terimakasih kepada Polres Karawang yang telah menginisiasi dibangunnya monumen keselamatan.

” Semoga dengan adanya monumen ini bisa memgurangi angka kecelakaan yang terjadi di perlintasan Kereta api,” singkatnya.

Ditempat yang sama Bupati Karawang H. Aep Syaepulloh mengatakan dengan adanya monumen keselamatan bisa mengingatkan kehati-hatian saat diperlintasan kereta api.

” Jadi kami berharap mudah-mudahan safety dalam berlalulintas bisa diterapkan oleh masyarakat Kabupaten Karawang, dan kami ucapkan terima kasih kepada Dalop 1 dan izinkan kami untuk merapihkan sebidang tanah biar lebih bagus karena ini etalasenya Karawang, Pak Kapolres yang membangun Monumen ini nanti kami membangun taman disebelahnya,” tutup Bupati.

Shares:

Related Posts