DaerahJawa Barat

HKN 2024, Sekda Aang: Membiasakan Kebenaran Bukan Membenarkan Kebiasaan, Sehat adalah Nikmat Paling Utama

 

KARAWANG, JabarNet.com- Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Karawang menggelar Talk Show Kesehatan dengan tema “Strategi Bugar Sepanjang Hayat”.

Kegiatan tersebut dalam rangkaian memperingati Hari Kesehatan Nasional ke 60 yang digelar di Aula Husni Hamid lingkungan Pemkab Karawang,selasa (15/10/2024).

Kegiatan dihadiri ratusan peserta terdiri dari pelajar SMP, SLTA,dan petugas kesehatan mereka terlihat begitu antusias mengikuti acara, pasalnya para peserta bisa mendapatkan tips kesehatan dari narasumber yang dihadirkan diantaranya Prof Dr A Purba, dr Msc AIFO K, dan dr Davie Muhamad SpGK.

Dalam kesempatan Sekda Kabupaten Karawang Aang Rahmatullah yang turut hadir sekaligus membuka acara mengapresiasi kegiatan rangkaian HKN 2024 yang diselenggarakan Dinkes Karawang.

” Ini acara rangkaian, artinya bukan acara ini saja masih ada acara lainnya, nah acara ini sebagai supporting untuk mewujudkan misi Kabupaten Karawang menciptakan manusia yang unggul,” ungkap Sekda Aang, usai acara, Selasa (15/10/2024).

Sekda Aang menjelaskan, kenapa unggul karena Karawang saat ini Umur Harapan Hidup (UHH) diumur 74 tahun.

” Tadi kita saksikan ada peserta yang melebihi umur itu, nah ini perlu ditransfer atau ditularkan ke masyarakat lain melalui talkshow kesehatan ini,” katanya.

” Makanya fokusnya kepada anak-anak sekolah, jadi membiasakan kebenaran bukan membenarkan kebiasaan, artinya gaya hidup dan pola hidup karena anak-anak jaman sekarang berbeda, contohnya sekarang kedepan saja karena biasa dimanjakan fasilitas berbeda dengan ekspatriat pernah saya lihat mereka membiasakan meskipun ada lift atau eskalator tetapi jalan kaki lewat tangga biasa, semua itu karena membiasakan kebenaran bukan membenarkan kebiasaan,” timpalnya.

Sekda Aang juga berpesan kepada masyarakat Karawang, kesehatan adalah nikmat yang paling utama.

” Terus menjaga kesehatan dengan caranya masing-masing dan Pemkab Karawang hadir dalam menjamin kesehatan seluruh masyarakat Kabupaten Karawang dengan program-program kesehatan yang sudah ada,” pungkasnya.

Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Karawang dr Endang Suryadi,MARS menyampaikan, dihadirkannya narasumber merupakan sample yang bagus sebagaimana tema tetap bugar sepanjang hayat.

” Kita itu tidak cukup sehat tetapi harus bisa bugar, nah itu bagaiamana mindset kita untuk tetap menjaga bugar, karena dengan menjaga bugar umur kita akan lebih panjang” ucapnya.

Lanjut Kadinkes, kehadiran narasumber kedua dr Davie (dr Spesialis gizi klinik) dari RSUD Karawang, memberikan tips bagaimana
tentang pola makan yang baik agar tetap bugar.

” Dengan gizi seimbang berapa takarannya jangan membiasakan pola makan yang tidak sehat, untuk jargon kita perilaku hidup bersih dan sehat itu kita gebyar kan lagi bahwa pola itu untuk menjadi kebiasaan kita sehingga kalau sudah seperti kita bukan mengobati tetapi menjaga sehat jangan sampai jatuh sakit, usahakan selalu sehat,” tutupnya.

Shares:

Related Posts