BandungDaerah

Bangun Relasi dan Wawasan, HIMA IP Unsika Studi Banding ke Hima IP LK Unpad Bandung

BANDUNG, JabarNet.com- Himpunan Mahasiswa Ilmu Pemerintahan (HIMA IP) Universitas Singaperbangsa Karawang (Unsika) Studi Banding ke Himpunan Mahasiswa Lembaga Kepresidenan Ilmu Pemerintahan (HIMA IP LK) Universitas Padjajaran (Unpad) Bandung.

Dengan tema “Membangun Relasi, Menambah Wawasan dan Bersinergi dalam Organisasi” pertemuan digelar di Gedung B301 Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Undap Kampus Jatinagor.

Ketua pelaksana Studi Banding 2024, Reza Alramdhan menjelaskan, alasan pemilihan tema tersebut sebagai simbol pertemuan atau perkenalan dan ilmu baru bagi Hima IP.

“Tema acara adalah membangun relasi, menambah wawasan dan bersinergi dalam organisasi. yang memberikan arti yang berkaitan yaitu dalam sebuah pertemanan ataupun perkenalan dalam hidup,” ungkap Reza.

” Sudah pastinya akan memberikan ilmu baru yang bermanfaat untuk kedua individu yang akan berguna khususnya dalam berorganisasi mahasiswa seperti himpunan mahasiswa ilmu pemerintahan,” tutur Reza.

Reza mengatakan, Studi Banding sendiri merupakan salah satu rangkaian dari program kerja Departemen Internal dan Eksternal Hima IP Unsika yang bertujuan pertama untuk meningkatkan kualitas dan kinerja organisasi.

” Meningkatkan koneksi internasional, meningkatkan kualitas dan kuantitas organisasi dalam garis koordinasi, meningkatkan kredibilitas organisasi, dan meningkatkan kolaborasi antara lembaga pendidikan tinggi,” katanya.

Reza berharap agar studi banding ini dapat memperkuat hubungan dan ilmu antar Universitas.

“Saya harap setelah terlaksananya studi banding ini yaitu terjalin pertemanan yang erat hubungan antar dua universitas yang sama sama memberikan ilmu yang bermanfaat, memberikan support satu sama lain antara dua universitas serta membentuk solidaritas dan chemistry dalam suatu organisasi yang lebih kuat dan semangat,” tutupnya

Adapun dari rangkaian kegiatan diawali dengan sambutan dari Kepala Program Studi Ilmu Pemerintahan Unsika dan Kepala Program Studi Ilmu Pemerintahan Unpad yang diwakili oleh Pembina LK Hima IP Unpad. Kemudian, dilanjutkan dengan Pemaparan Program Kerja masing-masing himpunan, penampilan, sharing session, games dan ditutup dengan foto bersama.

Dalam kesempatan, Presiden LK Hima IP Undap, Achmad Aqwa menyebutkan kesan acara ini berjalan cukup sistematis selama pelaksanaan dan mahasiswa yang sangat beragam, baik dalam latar belakang maupun bidang keahlian.

“ Unsika memiliki keberagaman mahasiswa yang unik dan memiliki kelebihan di masing masing bidangnya dengan etos kerja yang sangat tinggi serta semangat yang kuat juga terlihat saat studi banding,” ucap Achmad.

“Harapannya dengan ada stuban ini menjadi tempat kita untuk bertukar ilmu terkait manajemen organisasi dan akan menjadi inovasi atau ide ide baru dari unsika maupun unpad. Semoga bisa berkolaborasi nantinya dalam segi kajian maupun forum antar Ilmu Pemerintahan” pungkasnya.

Peserta Studi Banding kali ini diikuti oleh seluruh anggota kepengurusan Hima IP Unsika dan Hima IP LK Unpad. Studi Banding ini berhasil menarik antusiasme peserta dari awal hingga akhir acara.

Seperti hal nya diungkapkan Muhammad Randi salah satu peserta  ia merasa mendapatkan banyak manfaat selama studi banding berlangsung.

”Bagus jadi mengenal kampus lain dan ormawa lainnya sehingga bisa belajar banyak hal dari mereka. Kesan nya meskipun anggota Hima IP sedikit, namun tetap bisa memaksimalkan potensi mahasiswa baik anggotanya maupun masyarakat prodi ilmu pemerintahannya. Karena ini pengalaman pertama, ya saya rasa cukup bagus sehingga dapat banyak pengalaman,” jelas Randi.

Ditempat yang sama, Ketua Hima IP Unsika Muhammad Abdul Jabbar mengatakan, semua peserta sangat antusias mengikuti kegiatan yang digelar.

“ Dari mulai pemberangkatan seperti di bus sampai selesai kegiatan temen-temen terlihat sangat antusias menjadi semua rangkaian acara stuban ini,” singkat Jabbar. (Aby).

Shares:

Related Posts