DaerahJawa Barat

‘Si JEMPOL Ke Sekolah’ Disdukcatpil Karawang Gencar Perekaman E-KTP Untuk Pelajar Usia 16-17 Tahun

KARAWANG, JabarNet.com– Data kependudukan sangat diperlukan bagi setiap warga untuk berbagai keperluan, baik melanjutkan sekolah, pekerjaan dan lain sebagainya.

Untuk memenuhi keperluan masyarakat tersebut dalam administrasi Kependudukan, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcatpil) Karawang berupaya memberikan pelayanan prima dengan menargetkan jemput bola perekaman E-KTP khususnya untuk pelajar berusia 16-17 tahun di tingkat SMA/SMK se-Karawang.

Kepala Disdukcapil Karawang, Bambang menerangkan, pelayanan jemput bola rekam KTP-el ini sebagai tindak lanjut dari Rakornas Kependudukan dan Pencatatan Sipil seluruh Indonesia.

“Perekaman jemput bola ini untuk memudahkan para siswa setelah lulus saat pengurusan administrasi. Baik untuk melanjutkan pendidikan maupun sebagai syarat administrasi melamar bekerja,” kata Bambang, Kamis (26/5/2022).

Di samping itu, pola jemput bola ke sekolah untuk mensukseskan pemilu 2024 bagi pemilih pemula. Sebab di usia 17 rata-rata masih aktif sebagai pelajar di sekolah.

Sejauh ini, pihaknya baru terjun langsung di dua sekolah, yakni di SMKN 1 Karawang dan SMKN 1 Pakis Jaya. Namun pihaknya mengaku telah membuat jadwal untuk menyambangi seluruh sekolah.

“Sebelum 2024 kita akan terus lakukan perekaman,” tambahnya.

Nantinya, bagi siswa yang sudah berusia 17 tahun dapat langsung mencetak E- KTP di tempat. Sedangkan bagi yang belum berusia 17 tahun hanya dilaksanakan perekaman saja.

“Pencetakan KTP-el nya baru akan dilaksanakan ketika sudah berusia 17 tahun dan akan diserahkan langsung ke individu melalui pihak sekolah,” Terangnya. (red)

Shares:

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *