DaerahJawa Barat

Ketua dan Pengurus Igornas Karawang Periode 2023-2027 Resmi Dikukuhkan, Siap Sukseskan DBON

KARAWANG, JabarNet.com– Ketua dan Pengurus Ikatan Guru Olahraga Nasional ( IGORNAS ) Kabupaten Karawang, periode 2023-2027 resmi dikukuhkan, di Britz Hotel Karawang, Rabu (14/08/2024).

Acara pelantikan dan pengukuhan dihadiri berbagai unsur terkait, diantaranya Kadisdikpora Karawang, KONI Karawang, Ketua IGORNAS Pusat dan Jawa Barat,  perwakilan Kepala Sekolah SD, SMP, SMA, dan SMK se Kabupaten Karawang.

Ketua Igornas Karawang, Alia Maedina, M.Pd, dalam sambutannya mengatakan, peran Guru Olahraga PJOK sangat signifikan dalam membangun prestasi dintingkat pelajar hingga atlet top.

Maka dari itu selaku ketua terpilih, Alia yang juga Guru PJOK SMKN 1 Karawang itu, ingin keberadaan organisasi yang dipimpinnya itu memberi kontribusi positif bagi perkembangan  olahraga khususnya di Kabupaten Karawang.

“Pengurus dan anggota Igornas Karawang terdiri dari bernagai unsur, ada Kepala Sekolah, Akademisi Unsika, penilik, Guru PJOK  berbagai jenjang pendidikan, dan juga praktisi atau pelatih berbagai cabang olahraga,” ujar Manajer Tim PON Jabar cabor Dayung tersebut.

Alia berharap, keberadaan Igornas Karawang, mampu meningkatkan prestasi olahraga Karawang dan juga mengembangkan olahraga masyarakat umumnya.

Sementara, Ketua PP Igornas, Dikdik Setia Munardi M.Pd, yakin Igornas Karawang mampu menjadi penopang Desain Besar Olahraga Nasional ( DBON) yang dicanangkan pemerintah melalui Kementrian Pemuda dan  Olahraga ( Kemenpora).

Dikdik menambahkan, Ikatan Guru Olahraga  Nasional (IGORNAS) dibentuk tahun 2021. Keberadaan organisasi ini dikukuhkan oleh Menpora pada  Kamis, 10 Maret 2022, di Wisma Kemenpora Jakarta.

Mengusung jargon Solid, Dahsyat, Luar Biasa, organisasi ini telah memilki wakil di 34 provinsi dengan jumlah seluruh anggota mencapai 600-700 ribu orang. Sekretariat organisasi ini berada di Bandung, Jawa Barat.

“IGORNAS ini memiliki visi memberdayakan guru olahraga unggul, dan pembinaan olahraga prestasi yang berbasis sains”, ujar  Dikdik.

Dikdik juga yakin bahwa  ke depannya, IGORNAS mampu berkontribusi dalam implementasi Desain Besar Olahraga Nasional (DBON). IGORNAS berperan dalam membangun lifestyle  olahraga, dan kebugaran pelajar serta menemukan bibit unggul.

“Dalam praktiknya, guru olahraga tidak hanya berperan di hulu, akan tetapi juga di hilir sebagai atlet, juri, wasit, pelatih dan pengurus organisasi terutama di daerah-daerah,” katanya.

Sementara, Pemerintah Kabupaten Karawang,  yang diwakili Kabidpora Disdikpora Karawang Heri Suryana, S.Pd, menambahkan,  pihaknya yakin insan olahraga yang terlibat ini mampu mendongkrak hegemnoni kecintaan olahraga masyarakat di Karawang.

Selain itu, prestasi Cabang Olahrgaa baik tingkat pelajar maupun atlet Top akam lebih terarah sistematis dan terstruktur bila Igornas Karawang dapat bersinergi dengan Pemerintah Kabupaten Karawang.

“Kami akan sangat terbantu , karena saya tau betul rekan rekan Igornas Karawang adalah bukan orang orang baru di dunia olahraga Karawang. Mereka adalah insan Olahraga yang sejak lama membangun kemajuan olahraga di Karawang, terlebih ditambah oleh generasi muda yang rata rata  berpendidikan di bidangnya,” ujar Heri.

Kedepan, lanjut Heri, tidak menutup kemungkinan segala kegiatan olahraga yang diselenggarakan  oleh bidang pora khususnya, akan lebih terprogram dan terlaksana maksimal.

“Peran Igornas ini diharapkan konsisten, inovatif, dan memberi kontribusi positif terhadap kemajuan dunia Olahraga Karawang, saya optimis hal itu dapat terwujud,” pungkasnya.

Tidak kurang ribuan Guru Olahraga atau PJOK dan juga praktisi olahraga di Karawang,  akan lebih terorganisir dan terwadahi  dengan baik dengan keberadaan Igornas.

Diakhir acara, Ketua Igornas Jawa Barat, Agus Nur ,M.Pd, berpesan,  Igornas Karawang dapat menjadi barometer  keberlanjutan olahraga prestasi maupun olahrga masyarakat.

“Saya harap dan berpesan, Igornas Karawang tidak hanya melibatkan unsur Guru yang ada dibawah dinas Pendidikan saja.,  kami juga terbuka dan mengajak unsiur Kemenetrian Agama,  dapat bersatu menyukseskan DBON,” tutupnya.

Shares:

Related Posts