DaerahJawa Barat

Gelar Seminar Nasional, UBP Karawang Kaji Paradigma Islam yang Siap Menjawab Tantangan Zaman

Universitas Buana Perjuangan (UBP) Karawang menggelar seminar nasional pendidikan Agama Islam

KARAWANG, JabarNet.com – Universitas Buana Perjuangan (UBP) Karawang menggelar seminar nasional pendidikan Agama Islam.

Pagelaran yang bertajuk “Prospek dan Tantangan Mahasiswa Perguruan Tinggi Umum dalam Menghadapi Perubahan Sosial” diikuti lebih dari 1.000 mahasiswa dari 8 program studi yang ada di UBP Karawang.

Adapun tujuan dari kegiatan ini, dikatakan Koordinator Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI, Haerudin, Lc., MA., untuk membekali mahasiswa agar mampu menjawab tantangan zaman dalam setiap prospek perkembangan kehidupan sosialnya.

“Sedini mungkin kami persiapkan prospek mereka di masa depannya, jadi mereka diharapkan tidak bingung lagi dalam menjawab tantangan zaman,” ucapnya, Sabtu, (5/11/22).

Untuk itu, kegiatan tersebut memfokuskan pada konteks Paradigma Pendidikan Islam dalam menjawab tantangan globalisasi dengan menghadirkan penyaji dari Kasubdit Pengembangan Akademik Kementerian Agama Republik Indonesia, Adib Abdushomad, S.Ag., M.Ag., M.Ed., Ph.d.

Pada kesempatannya, ia memaparkan, perkembangan zaman pada era internet of thing (IoT) harus dimanfaatkan dengan baik untuk mentransfer ilmu pengetahuan terhadap para mahasiswa.

“Perkembangan zaman sekarang yang lebih dikenal dengan Revolusi industri 4.0 atau bahkan Society 5.0 itu harus mampu mengintegrasikan model pembelajaran dengan internet, sehingga esensi dari transfer of value yang sesuai dengan nilai-nilai jati diri kita sebagai bangsa Indonesia itu sendiri dapat tercapai,” jelasnya.

UBP Karawang Gelar Seminar Nasional Pendidikan Agama Islam

Sementara itu, Rektor UBP Karawang, Prof. Dr. H. Dedi Mulyadi, SE., MM., mengatakan, dari pemaparan sajian materi tersebut, diharapkan dapat meningkatkan kompetensi mahasiswa dalam penguasaan bidang sains dan teknologi untuk menghadapi tantangan zaman.

Laporan: Muhtar G. Ardian

Shares:

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *