DaerahJakarta

Audiensi KSPN Nusantara dengan Menko Perekonomian: Membangun Sinergitas Untuk Kesejahteraan Masyarakat Pekerja di Indonesia

KSPN audiensi dengan Menko Pereknomian Airlangga Hartanto

JAKARTA, JabarNet.com- Konfederasi Serikat Pekerja Nusantara (KSPN) menggelar audiensi dengan Menko Perekonomian RI.

Audiensi Konfederasi Serikat Pekerja Nusantara (KSPN) ini yang pertama kalinya dilaksanakan dengan bertemu Menteri koordinator Perekonomian, Airlangga Hartarto di Kantor Menko perekonomian Republik Indonesia di Jakarta.

Presiden KSPN Nusantara, Ristadi yang  didampingi oleh pengurus DPP KSPN periode tahun 2022-2026, hadir pada pukul 15.30 di Kantor Menko Perekonomian RI dan ditemui langsung oleh Menko perekonomian Republik Indonesia, Airlangga Hartarto.

Pada pertemuan ini Presiden KSPN Nusantara, Ristadi menyampaikan, perkenalan dan juga pemberitahuan bahwa di Indonesia telah lahir sebuah organisasi Konfederasi Serikat Pekerja Nusantara (KSPN) yang bertepatan dengan hari lahir Pancasila yaitu pada tanggal 1 Juni 2022 di Semarang.

Ristadi mengatakan, Dengan semangat membangun gerakan pembaharuan serikat pekerja di Nusantara.

” saat ini terdapat 8 (delapan) Federasi Serikat Pekerja/Serikat Buruh ditingkat Nasional telah bergabung atau berafiliasi pada KSPN Nusantara, diantaranya adalah FKSPN, FSPSI, FSPSI PEMBAHARUAN, FSPIB, FISBI, FSPOI, FSBB, dan FSBI, dan Insyaallah akan menjadi organisasi terbesar kelima di Indonesia yg juga akan terus berkembang lagi,” jelas Ristadi.

Selain itu Ristadi juga menyampaikan,  terkait tingginya angka Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) bukan hanya disebabkan oleh pabrik tutup atau dinyatakan pailit.

“namun juga karena faktor relokasi pabrik untuk mencari upah murah, terkait hal ini perlu ada solusi dari pemerintah.Perlu adanya regulasi yang mengatur khusus dan melindungi pekerja/buruh terkait Relokasi serta keseragaman upah untuk menghindari PHK akibat relokasi pabrik,” lanjut Ristadi.

Sementara itu, Sekretaris Jenderal KSPN Nusantara, Giofedi juga menambahkan tentang keberatan pekerja terhadap penerapan pajak progresif bagi JHT karena berpotensi double taxation.

Pemerintah diharapkan dapat mencabut penerapan pajak progresif yang merugikan pekerja/buruh.

Menteri Koordinator Perekonomian, Airlangga Hartarto menyambut baik audiensi dan menyampaikan terimakasih atas kehadiran KSPN Nusantara, apapun organisasinya yang penting Presiden masih tetap Ristadi.

Airlangga Hartarto menuturkan,”Pemilihan nama Nusantara sudah tepat, selain bersinergi dengan nama ibukota baru yaitu Ibukota Nusantara (IKN), juga kata Nusantara merupakan nama yang ditakuti oleh negara negara di Asia Tenggara, “kata Airlangga.

“Menko perekonomian dengan senang hati dapat bersinergi dengan KSPN Nusantara, ada beberapa program yang dapat di akses oleh KSPN Nusantara.
Terkait pajak progresif pada JHT akan segera dicek kalau ternyata double taxation maka akan dihilangkan, “pungkas Airlangga.

Audiensi diakhiri dengan membahas tentang permasalahan ketenagakerjaan, yang harus mendapatkan perhatian khusus dari Pemerintah untuk mencari solusi dalam penyelesaian masalah – masalah yg timbul dalam ketenagakerjaan. (rls)

Shares:

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *