DaerahEkonomi

Ada 73 Varian Durian Asli Karawang

73 Varian Durian Karawang
Festival Durian Lokal Loji Karawang, di Technomart, Galuhmas Karawang

KARAWANG, JabarNet.com– Ada 73 varian durian asli Karawang, rasanya pun memiliki khas tersendiri.

Hal tersebut disampaikan Ketua DPC Himpunan Alumni IPB-Karawang Ivan Kuntara pada saat menggelar Festival durian lokal Loji Karawang di Technomart, Galuhmas Karawang, Sabtu (28/1/23).

” Banyak kawan-kawan dari luar daerah mungkin ada yang tidak tahu bahwa di Karawang itu ada durian unggul, kebetulan saya ini pecinta dan petani durian, jadi selama yang kita kenal durian musang king, durian kulit hitam, durian bawon, dan durian montong, ternyata di Karawang ini banyak sekali durian yang luar biasa,” ucap Ivan.

Dikatakan Ivan, di Karawang durian lokal asli Loji Kabupaten Karawang ada 73 varian durian diantaranya, Silayung, Sibola, Siorok, Siaseupan, Sitirilik, Kapten, Sinengsih, Silamping, Simanalagi, Cangkir, Sisusu, Silengkeng, Silandak, Sidempok, Siwajit, Sihideung, Perwira, Sunggokong, Simadu, Gandaria, Sirungga, Situ, Yeni, Nawi, Kisaid, Adom, Dukun, Sijabrig, Mistar, Samud, Aca, Kiijam, Dati, Creamy, Cagak  Sigawir, Sikoneng, Sibagong, Simehonk, Sidongke, Joker, Aseupan, Adot, Sihejo, Mentari, Singaperbangsa, Hejo monyong, enggal cipaga, Enye-enye, Beledug, Cibonteng, Cimanggu, Bahrudin, Sipiit, Buto ijo, Biji ijo, Biji kecil, sibapuk, Belimbing, Silangsat kuning, dan Kumis.

” Kegiatan Festival hari ini dalam rangka memperkenalkan atau mempromosikan durian asli Karawang sekaligus meningkatkan daya jual dan membantu para petani durian Loji,” terangnya.

Baca jugaSaksikan Yuk ! Durian Lokal Loji Karawang Besok Akan Dikonteskan di Technomart, Dinas Pertanian : Rasanya Enak dan Lezat

Ivan mengatakan, Festival kali ini akan ada juga rangkaian kegiatan Bimtek bersinergi dengan Dinas Pertanian kepada petani durian di Karawang.

” Selanjutnya kita akan memberikan pembinaan bagaimana petani bisa meningkatkan kualitas dan produktivitas buah duriannya, jadi kita berharap setelah ini masyarakat Karawang terutama petani durian bisa merasakan manfaat bahwa durian mereka sangat berkualitas,” tuturnya.

” Kemudian setelah ada hasil kontes durian kita akan memberikan sertifikasi, jadi nantinya Karawang memiliki tranmarknya durian asli Karawang,” ujar Ivan.

Menurut Ivan, perlu diketahui yang membedakan durian loji Karawang itu berasal dari biji, jadi kalau berasal dari biji belum tentu sama dengan indukannya karena akan bersilang dengan variasi lain, berbeda dengan durian musang king atau durian duri hitam rasanya standar

” Kalau ini berasal dari biji, makanya durian Loji Karawang ini rasanya sangat Exsotis” tandasnya.(Wan)

Shares:

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *