DaerahJawa Barat

Kondisi Citarum Hitam Pekat, DLH Karawang Telah Ambil Sample Air

Kondisi Air Citarum Hitam

KARAWANG, JabarNet.com- Kondisi Air Citarum hari ini hitam pekat, terpantau pada pagi tadi minggu 12 November 2023 sekitar pukul 8.30 di jembatan alun-alun Karawang.

Air hitam Citarum menjadi tontonan warga yang melintas.

” Sewaktu dulu semasa kecil seingat saya tahun 87 an air Citarum tak pernah hitam, kecuali kalau banjir itu pun hanya keruh, tapi sekarang kenapa sering menghitam, apa ini akibat dampak limbah atau gimana,” ucap Ita penuh heran.

Masih kata Ita, seingatnya pada waktu dulu air Citarum bisa dipergunakan Mandi, Cuci, Kaktus ( MCK ) oleh warga.

” Dulu mah kang, warga kalau cuci baju suka ke Citarum, mandi, bahkan BAB, sekarangmah kayaknya nggak bisa kalau seperti ini,” ujar dia.

Menanggapi hal itu Dinas Lingkungan Hidup (DLH ) Kabupaten Karawang menyampaikan telah dilakukan monitoring oleh Sektor 19 bersama pihaknya.

” Jadi info dari Sektor 19 , Kamis malam bendungan Walahar dibuka untuk buang lumpur, jum’at sampai gintung, sabtu jembatan gantung, hari ini minggu sampai jalan miring Tanjungpura terus mengalir,  sekarang gintung, warungbambu dan perkotaan kondisi air kembali normal,” ungkap Wawan Setiawan Kepala DLH Karawang, kepada JabarNet.com, minggu (12/11/2023)

Tak hanya itu, pihak DLH Karawang terus memantau out fall perusahaan dan pengambilan sample air.

” Out fall perusahaan-perusahaan terus dipantau dan DLH sudah ngambil sample hari Jum’at,  tidak ada ikan yg mati,” tegasnya.

Wawan berharap mudah-mudahan kondisi air kembali normal.

” Hari senin-selasa kami harapkan sudah berangsur normal kembali,” tandasnya.

Shares:

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *